Buletin Keluarga Sakinah


Apakah anda ingin Kaya?

“Sebaik2nya dinar seorang adalah dinar yang dibelanjakannya kpada keluarganya, dinar yang dibelanjakannya untuk kendaraanya di jalan Allah Swt” (HR. Muslim dan Ahmad)

Berapa isi dompet anda pada saat membaca tulisan ini? Pernahkan anda menginfakan sejumlah yang ada di dompet anda saat ini? Pernahkah juga anda merasa butuh kpada keberadaan orang-orang yang meminta atau memohon sedekah anda? Atau jangan-jangan anda mearasa terganggu dengan keberadaan mereka? Atau anda berangan2 menunggu kaya untuk bersedekah!

Tak harus menunggu kaya untuk bersedekah, kecuali untuk zakat yang hanya diwajibkan ketika sudah mencapai nisbahnya. Gelora untuk bersedekah harus tetap ada seberapa pun besarnya meskipun anda bukan orang kaya. Ketika Rasullulah Saw melihat Bilal ra mempunyai simpanan makanan, seketika beliau bersabda kepada Bilal,”Hai bilal, sedekahkanlah…..jangan sekali2 kamu takut bahwa Dzat yang bersemayam di arsy akan melakukan pengurangannya.”(HR. Thabroni)

Dengan semangat itu pula, tabiin paling mulia Uwais Alqarni memohon udzur kepada Allah karena tak mampu bersedekah disebabkan tk punya sesuatu untuk disedekahkan. Suatu saat beliau berdoa, “ya Allah hamba memohon udzur kepada-Mu hari ini lantaran tidak mampu memberi makan orang yang kelaparan dan tidak mampu memberi pakaian orang yang tak punya pakaian, karena tidak ada makanan di rumahku selain apa yang telah berada dalam perutku, dan hamba tidak memiliki apa2 lagi selain apa yang menempel itubuh beliau hanyalah sehelai baju yang telah usang.

Takut miskin sering kali menjadi kendala untuk bersedekah. Padahal sedekah tidak akan membuat si kaya jatuh miskin, atau yang miskin semakin miskin, Nabi memberikan penegasan, “ harta tidak akan berkurang dengan disedekahkan” (HR.Muslim)

Imam nawami dalam syarah Muslim menyebutkan bahwa hardist ini mengandung dua pengertian ; pertama, sedekah itu diberkahi(didunia) dan karenanya ia terhindar dari madharat. Kedua, pahalanya tidak akan berkurang di akhirat,bahkan dilipat gandakan hingga kelipatan yang anyak”

Sedekah adalah pintu kekayaaan. Karena Allah akan menambah nikmat bagi hamba-Nya yang rajin bersyukur. Allah akan memberikan gantinya. Allah berfirman “ dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Allah akan mengantinya” (Saba: 39)

Ibnu katsir menyebutkan bahwa makud mengantinya adalah memberikan ganti didunia dan juga pahala di akherat. Laba dan keuntungan mana yang lebih mengiurkan dari pada ini? Apalagi, yang berjanji adalah Allah Yang Maha Kaya dan tak pernah mengingkari janji.

Tak perlu takut miskin atau menungu kaya untukbersedakh.kita tak pernah tahu kapan ajal menjemput kita. Dan Rosullulah saw bersabda “ Hindarilah api neraka meski dengan separuh kurma” Malahan ada seorang ustadz yang mengatakan bahwa kalau anda ingin kaya maka” Bersedeka”

Ya Allah lapangkanlah dada kami, untuk bersedekah dalam segala kondisi, baik lapang maupun sempit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • 36,769 hits

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: