Bacalah dan ini akan MENYELAMATKAN HIDUP……..Semoga bermanfaat untuk kalian semua.


AKIBAT AKIBAT HUTANG YANG TIDAK DIBAYARKAN MENURUT “ISLAM””

1.       NABI MUHAMMAD SAW TIDAK MAU MENYOLATKANNYA.

Rosulullah mendatangi rumah seorang laki-laki yang meninggal dunia untuk di Shalatkan maka beliau bersabda yang artinya “Shalatkan lah teman kalian, Karena sesungguhnya dia memiliki hutang”

Dalam riwayat lain disebutkan:

“Apakah teman kalian ini memiliki hutang?Mereka menjawab “Ya” Dua dinar

Maka Rosululloh mundur seraya bersabda

Shalatkan teman kalian! lalu Abu Qatadah berkata:

“Hutang-nya menjadi tanggunganku” maka Rosulullah bersabda,

“Penuhilah janjimu lalu beliau menshalatkannya”

(HR;AT-Tirmidzi dari ibnu majah,shahih.)

Sesungguhnya bagi kita manusia beriman Islam dan berharap Ridho Allah, maka hendaknya berhati-hatilah dalam mengambil keputusan untuk berhutang karena manusia setingkat Rosulullah pun tidak mau menshalatkan mayat yang masih ada sangkut paut hutang, maka bayarlah hutang tepat waktu, atau jika tidak sanggup jangan BERHUTANG.

2. JIWANYA AKAN TERKATUNGKATUNG

Dari Abu Hurairah “Ia berkata, Rosulullah bersabda yang artinya: Jiwa seorang mukmin itu terkatung-katung karena hutangnya sampai ia dibayarkan”. ( HR: AT-Tarmidzi dan ibnu majah, shahih).

Astagfirullohalaz’imm karena hutang jiwa seorang muslim tidak diterima Langit dan tidak diterima Bumi….maka berhati-hatilah dan bayarlah hutang-hutang kalian tepat waktu.

Dari Abdullah bin amr : “Ia berkata, Rosulullah bersabda” Semua dosa orang yang mati syahid diampuni, kecuali hutang.( HR: Muslim).

Ternyata hutang itu tidak mudah, berhati-hatilah terhadap hutang karena untuk menjadi shuhada tidaklah mudah tapi lagi-lagi hutang menghalangi….berhati-hatilah dan bayarlah hutang tepat pada waktunya.

Demi jiwaku yang ada di Tangan-Nya seandainya ada seorang laki2 terbunuh dijalan Allah, kemudian ia dihidupkan lagi, lalu terbunuh lagi. Sedangkan ia memilki hutang sungguh ia tidak akan masuk syurga sampai hutangnya dibayarkan (HR: AN-Nasai hasan)

3. MENGHALANGI MASUK SYURGA

Dosa utang para syuhada pun tidak diampuni, Dari abdullah bin Amr.ra…..Ia berkata: Rosulullah Bersabda’ “Semua dosa orang yang mati syahid diampuni, kecuali Hutang”(HR. Muslim)

4. MENYEBABKAN “BINASA” , DIANGGAP PENCURI DAN BENTUK KE DZOLIMAN

Rosulullah bersabda:

“Barangsiapa mengambil harta orang berutang. Dan ia ingin membayarnya. Niscaya Allah akan menunaikannya Dan barang siapa berutang dengan niat menghilangkannya (tidak membayarnya). Niscaya Allah membuatnya Binasa”(HR. Al-Bukhari).

Rosulullah bersabda: Yang artinya:

“Barangsiapa yang meminjam dan segaja untuk tidak membayarnya. Niscaya ia menemui Allah Azza wa Jalla dalam keadaaan sebagai pencuri” (HR: Shahih Ibnu Majah. No 1954.2/52)

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Artinya : Penguluran (Hutang) oleh orang yang mampu (membayar) adalah kezhaliman” (Hadits Riwayat Al-Bukhari 2400-Fathul bari- dan Muslim 1564)

Dan terhadap mafia-mafia BERKEDOK AGAMA yang membolehkan berhutang tanpa harus membayarnya. Jika saudara-saudara sekalian beranggapan dalam hutang piutang terdapat RIBA maka jangan berhutang…. jika berhutang, berhutanglah dengan bijak sesuaikan dengan pendapatan. Banyak bersyukur kuatkan iman agar tidak tergerus oleh matrealisme dan jika sudah terlanjur bayarlah hutang pada waktunya. Jika tidak mampu serahkan jaminanya dan meminta informasi untuk mencari solusi yang terbaik….Semoga Allah mengganti dengan yang lebih…Amin.

GADAI

Untuk permasalahan gadai sering kita terjebak. Ingat….! barang jaminan hutang belum menjadi milik sendiri sehingga mengadaikan barang jaminan hutang sama dengan berhutang dan berniat untuk tidak mebayarnya… maka Allahpasti akan membinasakan mereka yang seperti ini…. coba perhatikan. Tidak akan ada orang yang kaya dari hasil melawan Allah dengan cara diluar batas…”Niscaya kebinasaaan bagi mereka….” Untuk itu saudara2 yang tercinta sekali lagi kami berpesan ‘berhutang….jikasesuai dengan kapasitasnya akam menguntungkan tetapi jika berniat untuk tidak membayarnya atau ingin untung tanpa membayar…. maka ingatlah bahwa Allah Maha Melihat dan Maha Menghitung…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • 36,769 hits

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: